Terapi Phobia

Apa itu Phobia ?

Phobia atau dikenal dengan Fobia adalah satu jenis ketakutan yang berlebihan dan irrasional (tidak masuk akal) yang dimunculkan oleh suatu stimulasi (rangsangan) tertentu berupa objek benda, lingkungan ataupun situasi.

terapi phobia

Mengapa phobia dikatakan irrasional (oleh kamus JP Chaplin diterjemahkan demikian) ? Ternyata, objek ketakutan pada seseorang yang mengalami penyakit phobia ini adalah objek yang sama sekali tidak menakutkan. Arti kata lainnya, jika anda takut ke pada harimau karena harimau itu ada di hadapan anda, bertaring dan bisa membahayakan Nyawa anda beserta keluarga, adalah wajar jika anda takut. Namun bila yang terjadi, harimau tersebut tidak ada, yang ada hanyalah gambar atau foto harimau, lalu ketakutan yang sama (seperti melihat harimau asli) muncul, maka itulah phobia.

Banyak yang berkembang di masyarakat mengatakan bahwa takut terhadap ular disebut sebagai phobia ular. Padahal gangguan ketakutan tersebut bukanlah phobia jika ular berbisa berada di hadapannya dan mengancam keselamatan.

Karena itu, sebelum anda melakukan terapi phobia pastikan dulu anda memahami apa itu phobia secara benar, jangan sampai anda menderita kondisi psikis dan mental hanya karena anda tidak paham definisi penyakit yang dimaksud.

 

Macam macam Phobia

Berdasarkan jenis ketakutannya, fobia dibagi menjadi dua.

  • Fobia yang pertama adalah fobia spesifik. Fobia spesifik biasanya mulai berkembang sejak masa kanak-kanak atau remaja. Contoh-contoh fobia spesifik adalah fobia terhadap lingkungan (kedalaman air atau ketinggian), fobia terhadap hewan (ular, ulat, atau laba-laba), fobia terhadap situasi (berkunjung ke dokter), fobia seksualitas (takut tertular penyakit seksual), dan fobia secara fisik (takut jarum suntik atau darah).
  • Fobia jenis kedua adalah fobia kompleks. Jenis fobia ini biasanya berkembang di masa dewasa. Salah satu contoh fobia kompleks adalah fobia sosial. Orang yang menderita fobia ini akan merasa cemas ketika berada di lingkungan sosial. Mereka takut dipermalukan orang lain atau mempermalukan dirinya sendiri jika salah bicara. Tentu saja hal ini akan sangat mengganggu keseharian penderitanya, termasuk dampaknya dalam dunia bisnis, pekerjaan, relasi, maupun terhambatnya pengembangan diri.

 

Penyebab fobia

Hingga kini penyebab fobia belum diketahui secara jelas. Meski begitu, ada beberapa faktor yang diduga kuat dapat menyebabkan kondisi ini, di antaranya:

  • Peristiwa traumatis. Ada beberapa contoh peristiwa yang dapat menyebabkan seseorang mengalami trauma hingga pada akhirnya memicu munculnya fobia, misalnya pengalaman diserang binatang atau serangga, pengalaman terjebak di dalam sebuah ruangan tertutup atau lift, pengalaman berada di tengah-tengah tawuran atau kerusuhan massa, pengalaman dimusuhi, atau mendapat penolakan dari orang lain.
  • Temperamen yang tinggi. Seseorang yang berkepribadian terlalu sensitif, selalu berpikiran negatif, dan sangat pemalu akan lebih rentan mengalami fobia.
  • Memiliki orang tua penderita fobia. Disinyalir bahwa fobia merupakan kondisi yang dapat diwarisi. Apabila terdapat anggota keluarga yang memiliki fobia terhadap situasi atau pun objek tertentu, maka risiko Anda terkena fobia juga tinggi.

Beberapa contoh gejala fisik yang timbul akibat fobia, antara lain:

  • Disorientasi atau bingung
  • Pusing dan sakit kepala
  • Mual
  • Dada terasa sesak dan nyeri
  • Sesak napas
  • Detak jantung meningkat
  • Tubuh gemetar dan berkeringat
  • Telinga berdengung
  • Sensasi ingin selalu buang air kecil
  • Mulut terasa kering

 

Hipnoterapi sebagai terapi phobia

Oleh karena phobia muncul melalui peristiwa mental, maka hipnoterapi sudah tentu bisa menjadi solusi yang tepat sebagai terapi perilaku phobia. Cara mengatasi phobia dengan hipnoterapi merupaka cara terapi tercepat yang pernah dilakukan oleh praktisi kejiwaan dalam menangani pasiennya.

Tentu saja, konseling dan sugesti dalam hipnoterapi untuk phobia merupakan rangkaian kesatuan yang bertujuan mengatasi pengalaman peristiwa yang menjadi pemicu gangguan phobia tersebut.

Untuk hasil yang maksimal, maka perlu adanya kerjasama seperti halnya kerja sama yang terjalin dengan baik antara konsultan dan klien, dokter dan pasien, saling mempercayai untuk tujuan penyembuhan dan pencapaian tujuan yang diinginkan.

Umumnya klien phobia yang kami tangani dengan hipnoterapi hanya memerlukan satu kali pertemuan saja untuk mencapai perubahan maksimal dan permanen, namun kembali pada kondisi mental dan kemampuan anda. Jika di satu kondisi ada hal lain yang mengganggu pikiran anda sehingga sulit untuk menjalin komunikasi bawah sadar (menerima sugesti) maka diperlukan beberapa pertemuan lanjutan. Namun sebaliknya, bila anda seperti kebanyakan klien lainnya yang pasrah dan yakin pada kemampuan diri anda serta mempercayai penuh pada penanganan terapis anda, maka bukan tidak mungkin proses terapi maksimal bisa berlangsung hanya dalam hitungan menit saja.

daftar_sekarang2juga

Ingin Menguasai Teknik Hipnoterapi Professional ?

Anda pun bisa melakukan teknik hipnoterapi untuk diri anda sendiri atau menjadikan ilmu hypnotherapy ini sebagai kompetensi anda untuk menolong orang lain yang membutuhkan. Klik >>> Kursus Hipnoterapi

Lowongan Hipnoterapis

Tingginya minat masyarakat untuk kesehatan mental menuntut kami melakukan penambahan Hipnoterapis Handal. Info lengkap Klik Lowongan Hipnoterapis
Klinik Hipnoterapi | Jasa Hipnotis | Terapi Psikoterapi © 2014 Frontier Theme